10 Cara Tingkatkan Energi Tubuh

Energi sangat penting terutama bagi seseorang yang memiliki aktivitas tinggi. Berikut tips berupa 10 cara untuk meningkatkan energi tubuh Anda.
1. Perbanyak asupan magnesium.
Makanan yang direkomendasikan adalah almond, biji jambu mete, sereal, dan ikan. Mineral ini diperlukan oleh lebih dari 300 reaksi biokimia tubuh, termasuk memecah glukosa untuk menjadi energi.
Perempuan yang kekurangan magnesium memerlukan lebih banyak oksigen untuk aktifitas fisik sehari-hari. Asupan magnesium yang dianjurkan adalah 300 miligram untuk perempuan dan 350 miligram bagi lelaki.


2. Jalan kaki
Keengganan muncul karena anggapan tubuh yang capek akan makin rontok jika berjalan kaki. Anggapan yang salah sama sekali.
Jalan kaki 10 menit tidak hanya meningkatkan energi, namun juga menumbuhkan perasaan bahagia.


3. Tidur siang
Riset menunjukkan terlalu banyak informasi dijejalkan dan memaksa otak bekerja tanpa henti sangat efektif menguras energi. Seperti yang dikemukakan institut kesehatan mental, tidur siang 60 menit sangat ampuh mengisi ulang energi yang tersedot.


4. Jangan melewatkan sarapan.
Mereka yang menyempatkan diri sarapan terbukti mempunyai mood lebih baik dan energi stabil sepanjang hari.
Dianjurkan untuk sarapan segera setelah tubuh bangkit dari istirahat tidur malam dan siap beraktifitas.


5. Kurangi stres dan rasa marah. Memelihara keduanya akan membuat kelelahan fisik dan mental karena mengambil setengah dari persediaan energi tubuh.
Selain olahraga yang mampu menghilangkan efek kimia alami dari rasa marah dan stres, mendengarkan musik, membaca novel romantis atau sekadar berbicara di telepon, cukup membantu mengurangi kedua kerikil tersebut.


6. Minum lebih banyak air dan kurangi alkohol.
Selain oleh rasa lapar, kelelahan disebabkan pula oleh tubuh yang kekurangan air. Minuman alkohol dapat membantu tidur, namun sebenarnya tubuh tidak beristirahat sebab bekerja keras menetralisir efek minuman keras.


7. Menyantap lebih banyak sereal dan kurangi gula.
Ini adalah cara untuk menjaga keseimbangan gula dalam tubuh. Pada saat menyantap makanan manis, gula darah meningkat dan menghasilkan energi, namun ketika kadar gula turun meninggalkan efek lemas dan seperti tersedot. Sedangkan sereal membantu meningkatkan sensitifitas tubuh.


8. Menyantap makanan kecil di antara waktu makan.
Disarankan untuk menyantap kombinasi makanan berprotein, sedikit lemak, dan mengandung serat. Kudapan itu dapat berupa biskuit lapis selai kacang, yogurt, atau segenggam kacang garing.


9. Menyesap minuman berkafein rendah dengan menambahkan susu.
Minuman ini tidak hanya menambah energi, namun juga memberikan kalsium.


10. Rutin memeriksa fungsi tiroid dan sel darah merah.
Pemeriksaan ini tidak meningkatkan energi dengan segera. Namun jika selalu merasa lesu, sebaiknya segera diperiksa. Pengobatan segera membuat tubuh bertenaga kembali.
Gangguan tiroid amat umum pada perempuan terutama setelah melahirkan dan menjelang menopause. Sedangkan anemia menyebabkan tubuh kekurangan suplai oksigen, seringkali terjadi pada perempuan usia produktif yang mengeluarkan terlalu banyak darah saat haid.

~ by palmeraxxi on November 6, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: