Menjaga Kesehatan Mata

Bekerja terlalu lama di depan layar monitor tetap saja dapat mempengaruhi kesehatan, seperti mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Berikut beberapa tips mengatasi kelelahan dan ketegangan mata di saat bekerja di depan monitor.

  • Coba pasang filter pada monitor komputer anda. filter ini berfungsi untuk menahan radiasi agar tidak sampai ke mata.
  • Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/Plasma. karena monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitor yang model lama. Jika anda punya cukup uang, bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.
  • Jagalah jarak mata anda dengan monitor komputer. idealnya jarak mata ke komputer adalah 30 cm. Jangan biasakan menggantung monitor di leher Anda karena selain akan menimbulkan kelelahan pada leher, juga akan mengganggu pekerjaan Anda .
  • Taruhlah monitor sejajar dengan mata anda. jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi.usahakan saat anda melihat komputer rasanya enak dan nyaman.
  • Atur warna pada layar monitor sehingga enak dipandang mata.jangan terlalu terang karena dapat menyebabkan mata anda menjadi silau.juga jangan terlalu gelap,karena akan menyebabkan mata anda bekerja terlalu keras sehingga membuat mata menjadi cepat kering.
  • Atur screen refresh rate menjadi 75 htz..caranya jika anda pakai windows XP klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor-lihat kolom screen refresh rate. atur menjadi 75 htz.
  • Sesering mungkin kedipkan mata.karena dengan kita mengedipkan mata,akan merangsang kelenjar airmata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah dan lembab.jika anda jarang mengedipkan mata,maka mata akan menjadi kering.jika dipaksakan terus mata akan menjadi sakit dan akhirnya memerah.bila perlu anda bisa membeli obat tetes mata untuk membuat mata selalu dalam keadaan basah. Sering sering mengedipkan mata untuk menjaga kelembaban mata, dan jangan sekali sekali menggunakan pelembab kulit untuk melembabkan mata Anda.
  • Perhatikan cahaya disekitar ruangan tempat anda menggunakan komputer.usahakan ruangan cukup pasokan cahaya.jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap(tidak cukup cahaya).
  • Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama, istirahatkan mata minimal 15 menit. Tapi ingat istirahat di tempat saja, karena jika membiarkannya terlalu jauh dari jangkauan Anda bisa jadi Anda sulit mencarinya. Anda bisa melihat lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata. usahakan untuk melihat objek yang berwarna hijau seperti pepohonan dan daun daunan. karena menurut para peneliti, warna hijau mampu membuat mata kembali segar. Dan Kata dosen Saya waktu kuliah sebaiknya kaki direndam di air, caranya masukkan air ke dalam ember truz rendam kakinya selama kurang lebih 5 menit.
  • Apabila Anda terbiasa menggunakan lensa kontak, direkomendasikan untuk menggunakan lensa kontak jenis silikon hydrogel. Tapi cukup letakkan ditempat semestinya. Jangan disuntikkan ke mata Anda, karena ini sama sekali berbeda dengan teknik suntik solikin.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang menandung vitamin A seperti wortel.juga rajinlah untuk memeriksakan mata ke dokter mata untuk mengetahui adanya gangguan pada mata.jika mata benar benar sudah terasa tidak enak,jangan malu untuk menggunakan kacamata.
  • Apabila merasa mata mulai tidak berfungsi secara normal, coba konsultasikan ke dokter mata.
  • Dan ini yang paling penting Jauhkan mata Anda dari jangkauan anak-anak, karena siapa tau tangan usil anak-anak mampir ke mata Anda.

Moga bermanfaat bro

~ by Mod Ray on January 28, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: